Kamis, 01 Desember 2011

Bintang Kejora Berkibar di Angkasa Papua

Bintang Kejora Berkibar di Angkasa Papua

Tanggal 1 desember Opm mengibarkan bendera Bintang kejora


Bendera Bintang Kejora

Untuk kesekian kalinya Bendera Bintang Kejora yang merupakan lambang Organisasi Papua Merdeka (OPM) berhasil dikibarkan dilangit Lapangan Timika Indah, Timika, Papua, Kamis 1 Desember, sekitar pukul 11.10 WIT. Ratusan massa yang mengibarkan bendera bahkan sempat melempari aparat keamanan dengan batu.

hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara Polda Papua, Kombes Wachyono, “Massa yang saat itu sedang menari Waeta, tiba-tiba menaikkan Bendera Bintang Kejora di tiang bendera Lapangan Timika Indah yang selama ini kerap digunakan untuk upacara oleh instansi-instansi pemerintah,” ucapnya.

Sesudah bendera dikibarkan, kata Wachyono, aparat keamanan yang dipimpin langsung Wakapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw mencoba bernegoisasi dengan massa. Tapi upaya tidak berhasil dan massa malah balik melempari petugas dengan batu.

“Ketika bendera dikibarkan, Wakapolda mencoba nego, tapi ditolak keras oleh massa yang berkerumun sambil dikelilingi Bendera Bintang Kejora. Mereka kemudian malah melempari petugas yang berupaya membubarkan,” papar Wachyono.

Karena situasi mulai menjurus anarkis, lanjut Wachyono, aparat keamanan kemudian mengeluarkan sejumlah tembakan peringatan. “Aparat gabungan polisi dan TNI sambil mengeluarkan tembakan peringatan, juga berupaya membubarkan konsentrasi massa. Massa lantas membubarkan diri sambil ada yang mematahkan tiang bendera, dan membawa Bintang Kejora yang dikibarkan,” ujarnya.

Wachyono menyambung,  dalam aksi pembubaran itu, tiga warga berhasil diamankan dan saat ini sedang diperiksa di Polsek Mimika Baru. “Situasi saat ini sudah terkendali. Kelompok massa sedang diberi arahan oleh Wakapolda Papua dan Kapolres Mimika. Ada tiga warga yang sedang menjalani pemeriksaan,” kata dia.

Menurut Wachyono, kerumunan massa mulai terlihat sejak pagi sekitar pukul 08.20 WIT. Saat itu, massa yang ada di Kwamki baru bergerak menuju Lapangan  Timika Indah. Lalu sekitar pukul 08.30 WIT, warga asli Papua Pegunungan Tengah yang berjumlah kurang lebih 200 orang  yang berkumpul di Lapangan Kwamki Lama.

Pukul 09.00 WIT, mereka  berjalan kaki menuju Lapangan Timika Indah dengan membentangkan spanduk bertuliskan ‘50 Tahun Emas Kebangkitan Bangsa Papua, Tahun Yubelium 2011.’

“Pukul 09.20 WIT ketika massa tiba dan melintas di dekat check point 1 mile 21, sudah  terlihat satu lembar Bendera Bintang Kejora dan dua lembar ikat kepala bergambar Bendera Bintang Kejora dibentangkan oleh massa,” kata Wachyono membeberkan kronologis peristiwa.

Sebenarnya, imbuh Wachyono, barang bukti Bendera Bintang Kejora itu sudah langsung diamankan. Tapi tenyata massa lain juga membawa bendera yang sama ke Lapangan Timika Indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar